Tahun Baru Imlek juga biasa disebut Chinese New Year

Tahun Baru Imlek, Momentum Berbagi Kebahagiaan

Tahun Baru Imlek juga biasa disebut Chinese New Year
Tahun Baru Imlek juga biasa disebut Chinese New Year

Bagi masyarakat Tionghoa, Tahun Baru Imlek yang dirayakan setiap tanggal 25 Januari punya makna tersendiri. Perayaannya pun tak hanya identik sebatas bagi-bagi angpau, namun ada makna lain yang terkandung di dalamnya. Lalu, seperti apa sih makna Imlek sesungguhnya? Ada tiga alasan masyarakat Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan berikut ini.

Tahun Baru Imlek Adalah Perayaan Budaya
Mungkin Anda berpikir masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek harus yang beragama Buddha atau Khonghucu. Namun, pendapat tersebut tidaklah tepat, karena sesungguhnya Tahun Baru Imlek adalah perayaan budaya, bukan agama. Jadi, apa pun agama Anda asalkan Tionghoa, Anda tetap bisa merayakannya.

Perayaan Imlek juga memiliki arti lain. Berdasarkan perhitungan kalender China, tahun baru Imlek terhitung dalam putaran waktu setahun, khususnya tentang peredaran bulan mengelilingi bumi. Hari raya ini juga biasa disebut Chinese New Year, bukan Confusianist, Taoist, atau Buddhist.

Ungkapan Rasa Syukur dan Harapan
Dahulu dalam peradaban masyarakat China, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh para petani setelah melewati musim dingin dan mensyukuri permulaan musim baru, yaitu musim semi.

Perayaannya pun indentik dengan melakukan sembahyang kepada Thian (Tuhan Yang Maha Esa), dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang tersebut tak lain adalah sebagai bentuk rasa syukur dan harapan agar rezeki melimpah di masa yang akan datang.

Sarana Kumpul Keluarga
Buat masyarakat Tionghoa momen Tahun Baru Imlek juga identik sebagai sarana berkumpul keluarga. Karena kesibukan sehari-hari, biasanya dimanfaatkan untuk istirahat sejenak dari pekerjaan dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Momen tersebut dapat pula digunakan sebagai ajang melepas rindu, bertemu sanak keluarga dan berbagi pengalaman selama setahun belakangan. Makna lain dalam merayakan Tahun Baru Imlek biasanya adalah dengan berbagi kebahagiaan yang dibalut dengan bagi-bagi angpau.

Sumber: Diolah
Foto: Istimewa

Related Posts

Leave A Reply