Label halal di produk makanan

Pentingnya Percepatan Sertifikat Halal

Kepastian halalnya sebuah produk memang sangat penting bagi mayoritas masyarakat Tanah Air yang beragama Islam. Karenanya, jaminan bersertifikat halal amat diperlukan bagi produk-produk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.

Kewajiban sertifikat sendiri nyatanya telah tertuang lama dalam UU No. 33 Tahun 2013 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang mewajibkan sertifikasi halal untuk produk-produk seperti makanan dan minuman, kosmetik, dan lain sebagainya yang beredar di Indonesia. Meski sayangnya, dalam mandat UU tersebut, proses kewajiban sertifikasi.

“Sertifikasi halal menjadi sangat penting karena kita tidak bisa mengontrol produk dari luar halal atau tidak, apalagi fakta banyak sekali makanan-makanan impor bahan bakunya impor juga. Ini yang saya kira konsumen perlu mendapatkan jaminan soal kehalalan khususnya konsumen muslim yang memang dijamin dengan UU,” terang Koordinator Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi seperti dikutip hukum online.

Jaminan produk halal sendiri memang telah menjadi salah satu program prioritas jangka pendek pemerintah di bidang perekonomian. Karenanya, pemerintah juga kabarnya tengah mempercepat penerbitan regulasi tarif sertifikasi halal melalui Kementerian Keuangan.

Di samping itu, pemerintah juga menjanjikan pembebasan tarif bagi UMK guna mendapatkan sertifikasi halal yang nantinya berbentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Hal ini sempat dikatakan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang menyebut pemerintah bersepakat untuk tidak membebani UMK dalam sertifikasi jaminan produk halal. “Idenya memang UMK, bukan UMKM. Semangatnya akan digratiskan, semangatnya itu supaya mereka tidak terbebani,” tutur Wapres Ma’ruf.

Sumber: Diolah
Foto: Istimewa

Related Posts

Leave A Reply