kendaraan jasa pengiriman

2020, Angkutan Penumpang dan Barang Bakal Ditingkatkan

kendaraan jasa pengiriman
kendaraan jasa pengiriman

Usai menghadiri penandatanganan kontrak pelayanan publik atau public service obligation (PSO) antara Kementerian Perhubungan dengan beberapa perusahaan transportasi BUMN dan swasta beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyampaikan harapannya agar pelayanan publik pada angkutan penumpang dan barang tahun 2020 ditingkatkan.

Pasalnya, hal tersebut sesuai dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesinambungan pelayanan transportasi di seluruh wilayah Indonesia. Di samping itu, dengan pelayanan publik di bidang transportasi pada tahun ini diharapkan juga Indonesia memiliki daya saing global di bidang transportasi.

Upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan transportasi Tanah Air tampaknya juga bakal mendapat dukungan teknologi informasi yang mumpuni. Hal tersebut berassal dari satelit yang akan diluncurkan PT Universal Satelit Indonesia (Unisat) pada tahun ini dengan menggandeng Intersputnik Rusia. Menhub Budi berharap, penyediaan satelit ini nantinya dapat meningkatkan sistem teknologi informasi transportasi nasional di bandara, pelabuhan, stasiun KA maupun terminal bus.

Ditambah lagi, Kemenhub sendiri mulai menyusun arah kebijakan pembangunan sektor transportasi darat mulai tahun ini hingga 2024. Adapun beberapa hal di dalamnya turut mencakup penguatan konektivitas sistem transportasi darat, keterpaduan antarmoda pendukung logistik nasional, dan merevitalisasi sistem transportasi perkotaan. Karenanya, hal tersebut juga akan didukung dengan penerapan kebijakan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Selain itu, Kemenhub juga akan mengupayakan inovasi dalam hal pembiayaan infrastruktur dengan mengajak badan usaha sebagai mitra kerja sama untuk turut mengambil bagian, salah satunya dengan model pembiayaan infrastruktur dengan sektor swasta.

Sumber: Diolah

Foto: Istimewa

Related Posts

Leave A Reply