Mantan Aktivis yang Kini Menggawangi Koperasi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali untuk periode 2019-2024 diketahui telah membentuk kabinet barunya bertitel Kabinet Indonesia Maju. Pada besutan kabinet anyar ini, Jokowi telah menunjuk Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Bukan tanpa sebab Jokowi menunjuk mantan aktivis Tanah Air ini. Pasalnya, pria kelahiran Garut, Jawa Barat, 6 Mei 1963, silam ini cukup lama mendampingi ragam aktivitas Presiden kala menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak 2 September 2015 hingga 17 Januari 2018.

Sebelum menuju Istana, Teten memang dikenal sebagai pimpinan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang kerap “vokal” terhadap masalah suap ataupun korupsi di Indonesia. Di ranah politik, Teten juga tercatat sempat mencalonkan diri sebagai wakil gubernur mendampingi Rieke Diah Pitaloka dalam Pilgub Jawa Barat tahun 2013.

Kini, sebagai Menteri Koperasi dan UKM, Teten mengaku mendapat amanat dari Presiden Jokowi untuk mendorong koperasi agar bisa lebih berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Salah satu caranya adalah membuat koperasi menjadi lebih modern dengan memanfaatkan teknologi, utamanya agar dapat bersaing dengan swasta yang memiliki dana jumbo. “Modernisasi koperasi perlu dilakukan agar tidak kalah bersaing. SDM yang andal akan mampu mendorong koperasi menjadi modern,” ujarnya.

Teten sendiri juga telah merancang program dan langkah strategis 100 hari pemberdayaan koperasi dan UMKM. Langkah awalnya dimulai dengan proses identifikasi, lalu membuat langkah-langkah strategis untuk 100 hari ke depan.

Teten pun mengakui telah mendapat arahan dari Presiden untuk membangkitkan koperasi dan usaha mikro kecil-menengah (UMKM) sebagai instrumen meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. “Jadi, tantangan saya adalah bagaimana menggerakkan UMKM ini yang signifikan pertumbuhan ekonominya bagi perekonomian nasional, baik itu pada pertumbuhan dan juga penyerapan lapangan kerja,” pungkasnya.
Sumber: Diolah.
Foto: Jpnn.com

Related Posts

Leave A Reply