Koja Trans Diluncurkan di Kota Jambi

WWW.JAMBIPOS.ID – JAMBI. Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi bersama PT Multi Inti Digital Transportation (PT MIDT) meluncurkan 28 unit armada Bus Koja Trans (capsule bus) berbasis aplikasi, di Kantor Wali Kota Jambi,Senin (28/10/2019) pagi. Peluncuran itu juga bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

“Capsule Bus ini adalah menjawab permasalahan lebih dari 5 tahun menjadi PR saya menjadi walikota, baru terwujud hari ini. Insya Allah nanti Capsule Bus ini jumlahnya akan meningkat dalam waktu dekat ini menjadi 200 unit, yang nanti akan mengisi semua koridor yang ada di Kota Jambi,” ujar Wali Kota Jambi DR Syarif Fasha kepada wartawan.

Menurutnya, angkot yang lama nanti dipersiapkan untuk sebagai feeder yaitu penghubung dari rumah ke tempat halte-halte atau tempat titik-titik di mana nanti pemberhentian bus ini.”

“Jadi tidak kita kesampingkan, tetapi tetap kita operasikan dan juga pemerintah akan memberikan bantuan subsidi kepada angkutan kota. Bantuan BBM dan lain sebagainya yang mungkin nilainya tidak seberapa, tapi itu bentuk perhatian pemerintah,” kata Fasha.

Menurut Fasha, pihak PT MIDT juga membuka peluang pelaku usaha angkot bergabung sebagai penyedia Koja Trans. Namun, ditegaskan Fasha, spesifikasi bus tetap disediakan pihak PT MIDT dari sisi karoseri dan lainnya. Faktor kenyamanan dan keamanan pun diperhatikan bagi pengguna Koja Trans. Selain Wi-Fi gratis dan TV, juga dilengkapi CCTV serta GPS yang dapat memantau pergerakan bus.

“Jadi jangan takut kalau misalnya ada sopir yang macam-macam membawa mobil ini keluar kota, membawa penumpang, itu akan terdata semua, akan terpantau oleh operator capsule bus ini nantinya. Dan ini sangat nyaman yang sangat aman. Bus ini juga kalau jumlahnya sudah cukup 200 unit, maka kami akan mengeluarkan perwal, aturan kepada anak-anak yang belum memiliki SIM untuk tidak boleh lagi menggunakan motor ke sekolah,” sebutnya.

Disebutkan, Pemkot Jambi harus menyiapkan dulu jumlah bus ini, jangan sampai membuat aturan, si anak-anak malah tidak bisa sekolah. “Jadi nanti kita cukupkan 200, baru kita akan keluarkan aturan tersebut. Kenapa kita harus bangga. Pertama, karena kita semua dapat mewujudkan mimpi seluruh warga Kota Jambi untuk memiliki bus kota yang aman dan nyaman. Mimpi itu akhirnya terwujud. Yang kedua, capsule bus yang didesain dan dikembangkan oleh PT Multi inti digital transformation ini adalah pertama di Indonesia dan dimulai dari kota Jambi yang kita banggakan ini,” sebutnya.

Katanya, selaku kepala daerah, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada PT Multi inti digital transportation atas upaya dan kesungguhannya mewujudkan transportasi perkotaan yang aman dan terjangkau.

“Mudah-mudahan dari kota kebanggaan ini, dimulai langkah besar untuk mengatasi masalah perkotaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui moda transportasi yang baik dan bersahabat dengan lingkungan serta masyarakat di kota-kota seluruh Indonesia,” ujar Fasha.

Sementara, Chairman PT Multi Inti Sarana Group, Tedi Agustiansyah mengatakan inilah jawaban atas revolusi industri 4.0 yang siap atau tidak siap, harus berubah kekinian.

“Dan transportasi yang semuanya cashless, semuanya secara digital dan Wireless ini yang kita kembangkan. Kota Jambi memang pertama di Indonesia dan kami akan kembangkan ke kota-kota lain secara nasional,” jelasnya.

Peluncuran ditandai penekanan layar monitor secara bersama oleh Fasha, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Ketua DPRD Absor Hasibuan, Kapolresta Kombes Pol Dover, Direktur Multi Inti Digital Transportation, Subhan Novianda dan beberapa pejabat lainnya serta berkeliling di Kota Jambi.

Related Posts

Leave A Reply