Bus Canggih Resmi Beroperasi di Indonesia, Buka Pintu Pakai e-Money

WWW.VIVA.CO.ID – JAMBI. Teknologi tak hanya merebak pada dunia transportasi pribadi saja, namun juga massal. Contohnya, seperti bus umum yang ada di Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Diberi nama Koja Trans (Kota Jambi Transportasi), bus terseut resmi beroperasi mulai hari ini, Senin 28 Oktober 2019. Kehadiran kendaraan yang diberi nama Capsule Bus itu, adalah implementasi konsep Kota Pintar yang diinisiasi Wali Kota Jambi, Syarif Fasha dengan Multi Inti Digital Transportasi.

“Bus bernama Koja Trans ini turut menunjang konsep Smart City, yang kini tengah dijalankan oleh Pemerintah Kota Jambi,” kata ujar Syarif Fasha melalui keterangan resmi.

Capsule Bus mampu menampung hingga 13 orang. Bus dilengkapi beragam fasilitas, antara lain pendingin kabin, kamera CCTV, WiFI, soket SUB, dan bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus.

Untuk menikmati layanan Capsule Bus, calon pengguna dapat mengunduh aplikasi, guna mengetahui posisi dan jam keberangkatan. Setelah itu, mereka dapat langsung memesan lokasi penjemputan terdekat.

Sebagai alat pembayaran, digunakan uang elektronik atau e-money. Penumpang cukup menempel kartu pada sensor yang tersedia, maka pintu akan terbuka otomatis. Keamanan pengguna jasa transportasi anyar ini juga terjamin, karena posisi bus dapat dipantau secara langsung melalui satelit.

“Kami menyiapkan 28 unit kendaraan yang terdiri dari 25 Capsule Bus, dua Capsule Care untuk penyandang disabilitas, dan satu Capsule Plus atau ambulans,” tutur Direktur MDT, Subhan Novianda.

Related Posts

Leave A Reply