Ikuti Kompetisi PRAJA 2019 untuk Kategori Karya Foto Jurnalistik

Sebelumnya di Kompetisi PRAJA 2018 sukses menghadirkan karya tulis dan beragam potret kemajuan koperasi serta kisah-kisah inspiratif kewirausahaan di Indonesia. Maka, PRAJA 2019 hadir untuk merespons proses transformasi ekonomi di era digital ini, terutama agar koperasi dan kewirausahaan semakin digaungkan oleh generasi milenial.

Menurut Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof. Dr. Rully Indrawan, koperasi saat ini sedang berada dalam fase menghadapi tantangan untuk melakukan reposisi. Fase ini adalah fase yang sangat penting untuk menghadapi tantangan reinkarnasi eksistensi koperasi.

Melalui Karya Foto Jurnalistik, diharapkan para jurnalis media massa tergerak memotret tantangan dan kemajuan yang telah berhasil dicapai oleh koperasi di tanah air. Apalagi ada banyak kisah sukses dan potret kemajuan koperasi dan kewirausahaan yang bisa dibidik menjadi suatu karya foto fenomenal.

Dengan tema “Reposisi Koperasi di Era Transformasi” maka kompetisi PRAJA 2019 untuk Kategori Karya Foto Jurnalistik memiliki ketentuan, sebagai berikut:

  • Karya sudah pernah dipublikasikan di media massa dan/atau media sosial peserta selama periode 1 November 2018 – 20 Oktober 2019.
  • Pemuatan karya di media sosial wajib menggunakan tagar: #PRAJA2019 #koperasi #koperasidigital #wirausaha.
  • Jika tidak memiliki media daring, maka karya foto yang telah dipublikasikan di media cetak diunggah ke Google Drive (diatur terbuka) dan pranalanya dikirimkan ke microsite.
  • Ukuran sisi panjang foto minimal 3.500 piksel, sisi pendek menyesuaikan, serta disimpan dalam format JPG minimal skala 10.
  • Peserta dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) karya foto.

Jika beruntung, maka karya foto pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sejumlah:

  • Juara Pertama berhak memperoleh Rp 20.000.000
  • Juara Kedua berhak memperoleh Rp15.000.000
  • Juara Ketiga berhak memperoleh Rp10.000.000
  • Dan bagi 15 nominator terpilih masing-masing mendapatkan Rp1.000.000

Sedangkan untuk pajak hadiah ditanggung oleh masing-masing pemenang yang karyanya terpilih.

“PRAJA 2019 menyuguhkan sisi bisnis positif koperasi yang selama ini luput dari pengamatan masyarakat. Bagi generasi milenial, koperasi bisa menjadi alternatif terhadap penumbuhan iklim bisnis yang baru karena basisnya sudah lebih dulu tumbuh di tengah mereka, yaitu kekuatan komunitas,” jelas Irsyad Mochtar, Pakar Koperasi yang juga Anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Kompetisi PRAJA 2019 hadir kembali untuk menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia. Bersiaplah menghadirkan karya foto terbaik Anda, bagi kemajuan ekonomi bangsa melalui koperasi serta kewirausahaan.

Untuk informasi lebih lanjut dan tata cara pendaftaran kompetisi ini silakan akses ke praja2019.multiintisarana.com.

Related Posts

Leave A Reply