Peran Penting Koperasi Dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Koperasi adalah suatu bentuk badan usaha yang melakukan kegiatan perekonomian bagi para anggotanya untuk kesejahteraan bersama. Jadi, koperasi identik dengan gerakan ekonomi rakyat. Lalu, apa saja peran penting koperasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia?

Pembangunan ekonomi di Indonesia bisa dilihat dari era pemerintahan yang memimpin negara ini, yaitu orde lama, orde baru dan orde reformasi. Seperti apa peranan lembaga perekonomian rakyat tersebut? Pada era pemerintahan orde lama telah diselenggarakan kongres koperasi beberapa kali sehingga peraturan mengenai koperasi disahkan.

Baca juga: Cari Tahu Jenis Koperasi yang Cocok untuk Era Digitalisasi

Ketika itu, pemerintah mengambil sikap yang aktif dalam membina gerakan koperasi di seluruh Indonesia dengan menyesuaikan fungsi koperasi berdasarkan semangat UUD 1945 dan Manipol Republik Indonesia tahun 1959. Koperasi diberikan peranan utama agar menjadi alat untuk ekonomi terpimpin berdasarkan sosialisme ala Indonesia, sebagai sendi kehidupan ekonomi bangsa, dan dasar pengaturan perekonomian rakyat. Tujuannya agar bangsa Indonesia memperoleh taraf hidup layak di dalam susunan masyarakat yang adil dan makmur.

Saat orde baru berkuasa, koperasi memiliki Undang-Undang Perkoperasian yang berisi pokok-pokok koperasi. Undang-undang tersebut adalah UU No 12/1967 yang salah satu isinya mengenai kedudukan hukum koperasi sebagai wadah organisasi perjuangan ekonomi rakyat berwatak sosial dan sebagai alat demokrasi ekonomi nasional.

Maka pemerintah berkewajiban membimbing dan membina perkoperasian Indonesia. Koperasi pun dianggap sebagai kumpulan manusia yang secara bersamaan memajukan kepentingan ekonomi mereka dan masyarakat.  Koperasi Indonesia berasaskan kekeluargaan dan gotong royong.

Kemudian pada era reformasi, koperasi juga memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Gerakan koperasi lebih otonom dan masih banyak yang berfokus pada bisnis perkoperasian.

Baca juga: Dua Strategi Jitu Koperasi Berpromosi di Media Sosial

Koperasi diharapkan lebih berperan dalam jasa keuangan, pelayanan di bidang infrastruktur serta pembelian yang dilakukan bersama. Peran koperasi di zaman ini semakin meningkat sebagai:

  • Organisasi atau lembaga penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.
  • Membantu untuk membangun serta mengembangkan potensi perekonomian bagi anggotanya yang kebanyakan tidak memiliki akses langsung atau diberi porsi besar dalam industri keuangan Indonesia.
  • Identik dengan perekonomian rakyat sehingga berperan aktif untuk mempertinggi kualitas perekonomian rakyat kecil serta pelaku usaha seperti UMKM (kecil menengah).
  • Pilar utama ketahanan ekonomi masyarakat Indonesia karena asas gotong royongnya itu.
  • Mampu mewujudkan perekonomian nasional sebagai usaha bersama atas dasar asas kekeluargaan dan keadilan ekonomi.

Jika dikaji lebih lanjut, telah banyak fakta mengenai peran penting koperasi di Indonesia, terutama di bidang ekonomi. Namun, kualitas koperasi perlu terus ditingkatkan agar rakyat Indonesia makin adil dan sejahtera.

 

 

Related Posts

Leave A Reply