Menjaga Bumi Tanggung Jawab Bersama

Setiap tanggal 22 April seluruh dunia memperingati Hari Bumi atau Earth Day yang merupakan hari pengamatan tentang bumi dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta apresiasi terhadap bumi. Awal mulanya, Hari Bumi Sedunia dicetuskan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson sejak tahun 1970 yang merupakan pengajar lingkungan hidup.

Nelson menyampaikan gagasan tentang peringatan Hari Bumi sejak tahun 1969. Saat itu ia merasa isu-isu mengenai lingkungan hidup harus masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Tak lama kemudian, gagasan ini mendapat dukungan luas dari banyak pihak. 22 April sendiri diambil karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan. Sebanyak lebih dari 175 negara memperingati Hari Bumi Sedunia dan berkoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Untuk memperingati Hari Bumi, banyak hal dan kegiatan yang dapat dilakukan. Selain melakukan kampanye untuk mengajak masyarakat lebih peduli dan mencintai bumi serta lingkungan hidup, terdapat berbagai aktivitas nyata yang dapat dilakukan. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya ialah:

  1. Menanam Tumbuhan Organik di Rumah

Dengan menanam tanaman organik di rumah, bukan hanya bisa membantu untuk melestarikan lingkungan, tetapi Anda juga dapat melakukan penghematan. Anda dapat menanam tanaman yang biasa digunakan untuk memasak, antara lain kemangi, buncis, dan cabai. Tumbuhan yang ditanam secara organik cenderung lebih aman.

  1. Bawa Botol Minuman Sendiri

Biasakan untuk membawa botol minum sendiri. Dengan membawa botol air minum maka Anda tidak akan membeli air mineral di luar. Coba bayangkan, jika semua orang membawa botol minumannya sendiri maka banyak orang akan menghemat penggunaan limbah plastik.

  1. Hemat Energi

Salah satu tindakan nyata untuk menjaga bumi adalah dengan melakukan penghematan energi dengan menggunakan energi listrik seperlunya. Seringkali sebagian dari kita lupa mencabut charger seusai mengisi daya ponsel atau elektronik lainnya. Bila perangkat charger tidak dicabut, maka energi listrik akan terbuang sia-sia. penggunaan air conditioner (AC), penerangan, dan televisi juga perlu dibatasi penggunaannya untuk menghemat energi.

  1. Melakukan Daur Ulang di Tempat Kerja

Disiplin menjaga lingkungan bukan hanya di rumah saja. Perlu juga melakukannya di tempat kerja. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti ketika ada kertas-kertas hasil print yang gagal atau tidak terpakai jangan buru-buru dibuang, Anda dapat mengumpulkan semua itu dan dijadikan sebagai buku catatan rapat.

  1. Meminimalisasi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Bepergian dengan menggunakan kendaraan umum juga sangat membantu mengurangi Karbondioksida (CO2) yang menyebabkan efek rumah kaca. Gas CO2, bersama gas lain yang disebut greenhouse gas (GHG), menahan panas permukaan bumi sehingga tak bisa terlepas ke angkasa. Hal ini menyebabkan permukaan bumi semakin memanas karena radiasi matahari. Langkah kecil tetapi penting ini misalnya, jika selama ini menggunakan kendaraan untuk membeli sesuatu yang jarak toko cukup dekat, sebaiknya Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Sementara untuk jarak yang jauh, Anda dapat menggunakan transportasi umum. Selain hemat energi, Anda juga bisa hidup lebih sehat. (dari berbagai sumber)

Related Posts

Leave A Reply