Kemenkop Dukung Kompetisi PRAJA 2018

RRI.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM mendukung penyelenggaraan PRAJA (Pracico Journalistic Award 2018), sebagai ajang untuk mendorong pertumbuhan koperasi dan wirausaha di Indonesia. PRAJA merupakan lomba karya tulis dan foto yang mengangkat tema khusus tentang potret kemajuan koperasi dan kewirausahaan di Tanah Air.

“Diharapkan PRAJA bisa menjadi suatu sinergi yang efektif antara kementerian dengan pelaku ekonomi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan secara merata,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring di sela-sela peluncuran PRAJA 2018 di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

PRAJA 2018 diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group), sebagai program media engagement MIS Financial Services. Bisnis MIS Financial Services meliputi usaha pembiayaan, serta Kospin Pracico. PRAJA juga sebagai ajang pemberian apresiasi terhadap journalist yang telah berdedikasi dalam mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya koperasi.

Chairman MIS Group, Tedy Agustiansjah mengatakan koperasi seringkali masih dianggap sebagian kalangan sebagai badan usaha kelas dua di Indonesia. Padahal potensi dan kekuatan koperasi yang bersumber dari anggota menjadi motor utama penggerak usaha.

“Kami berharap ajang apresiasi PRAJA ini bisa menghadirkan potret kemajuan koperasi dan kisah-kisah inspiratif kewirausahaan. Semoga ini menjadi langkah bersama yang akan menyuburkan semangat gotong royong membangun Indonesia yang lebih baik,” ujar Tedy.

Ketua AJI Jakarta, Asnil Bambani mengatakan kita mengenal koperasi sebagai ekonomi kerakyatan yang digaungkan sejak lama. Namun pada kenyataannya media seringkali memposisikannya sebagai pengisi halaman belakang. Karena itu, menurut dia ajang ini bisa menjadi trigger buat media menulis dan memberitakan bahwa koperasi adalah masa depan ekonomi Indonesia.

“Ini sebenarnya bisa kita ubah. Koperasi dalam konteks kekinian bukan lagi badan usaha kelas bawah,” tandasnya. Tema kompetisi PRAJA 2018, yakni “Geliat Koperasi di Indonesia” atau “Geliat Kewirausahaan di Indonesia”.

Pada ajang kompetisi PRAJA 2018, terdapat dua kategori yang dilombakan, yaitu karya tulis berupa berita, feature, atau indepth reporting, dan karya foto berupa foto berita atau feature. Penerimaan karya dimulai 3 September hingga 3 Oktober 2018. Karya tersebut harus sudah dipublikasikan di media massa, dan atau sosial media peserta selama periode 1 Januari 2017 hingga 2 Oktober 2018.

Pemenang kompetisi PRAJA 2018 akan diumumkan pada 16 November 2018 melalui sosial media @kospinpracico pada instagram dan Kospin Pracico pada Facebook, serta website www.pracico.com. Sedangkan malam penganugerahan direncanakan akan berlangsung di Jakarta. (dikutip dari RRI.co.id)

Related Posts

Leave A Reply