Informasi Kompetisi PRAJA 2019 untuk Kategori Ide Bisnis Koperasi

Tahun lalu PRAJA 2018 telah menghadirkan karya tulis dan potret kemajuan koperasi serta kisah-kisah inspiratif kewirausahaan di Tanah Air. Kompetisi PRAJA 2019 hadir kembali sebagai persembahan MIS Group untuk negeri.

Kompetisi ini hadir untuk merespons proses transformasi ekonomi di era digital di Indonesia, yang ditandai dengan ketersediaan infrastuktur yang sangat baik, serta semangat transparansi pemerintahan yang semakin kuat dalam mentransformasi etos kerja bangsa Indonesia, melalui reformasi mental. Agar kualitas dan kemampuan anak bangsa bisa sejajar, bahkan lebih dari negara lain.

Ada lima kategori yang dilombakan dan kategori terakhir adalah Ide Bisnis Koperasi. Pesertanya berasal dari masyarakat umum dengan ketentuan sebagai berikut, antara lain:

  1. Peserta adalah profesional, pengurus koperasi, mahasiswa, dan umum.
  2. Peserta mengirimkan proposal ide bisnisnya dalam bentuk lanskap format pdf dan/atau disertai video presentasi durasi maksimal 5 menit dengan resolusi standar minimal 480p dan berformat lanskap dengan cara mengunggahnya ke Google Drive (diatur terbuka) dan mengirimkan pranalanya ke microsite.
  3. Video presentasi disertai pula dengan presentasi bisnis (powerpoint) yang diunggah ke Goggle Drive dan mengirimkan akses pranala tersebut ke microsite.
  4. Struktur dokumen presentasi bisa diunduh di microsite.
  5. Ide belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis lainnya dengan menyertakan surat pernyataan yang dapat diunduh di microsite.
  6. Konten ide bisnis mencakup:
  • Inovasi Program dan Produk Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Latar Belakang, Analisa Peluang Pasar, Tantangan, dan Ancaman)
  • Ide Penggunaan Teknologi Digital dalam Manajemen Koperasi
  • Ide Pengelolaan SDM
  • Ide Program Pemasaran, Promosi, dan Distribusi
  • Ide Pengelolaan Keuangan
  1. Sebanyak 10 karya finalis akan direkomendasikan ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Apabila tertarik, berikut hadiah yang bisa diperoleh bagi para pemenang Kategori Ide Bisnis Koperasi, yaitu:

  • Juara Kesatu mendapatkan Rp 10.000.000
  • Juara Kedua mendapatkan Rp 7.000.000
  • Juara Ketiga mendapatkan Rp 5.000.000

Sedangkan pajak ditanggung oleh pemenang.

Kompetisi PRAJA 2019 mengusung tema besar “Reposisi Koperasi di Era Transformasi”. Reposisi koperasi adalah proses transformasi organisasi koperasi dan pola pikir esensi berkoperasi berbasis kolaborasi sebagai format baru di era digital.

Pilihan topik peserta bisa memilih salah satu dari 3 topik ini yaitu:

  • Kontribusi Koperasi Zaman Now Terhadap Kesejahteraan Bangsa
  • Penggunaan Teknologi Digital di Dunia Koperasi dan Kewirausahaan di Indonesia
  • Koperasi dan Generasi Milenial

Untuk masukan, coba simak penjelasan dari salah satu anggota Dewan Juri PRAJA 2019, Subroto, mengenai koperasi. “Koperasi di era industri 4.0 harus memiliki website atau aplikasi yang memudahkan anggota dan pengurusnya saling berhubungan. Pelayanan kepada anggotanya dilakukan secara online. Pembelian barang, peminjaman, cek SHU, dan sebagainya, saatnya dipermudah dengan layanan online.”

Informasi lebih lanjut mengenai Kompetisi PRAJA 2019: Anugerah MIS Group untuk Negeri, silakan akses ke praja2019.multiintisarana.com

Selamat berkompetisi!

Related Posts

Leave A Reply