4 Tips Cermat Ajak Generasi Milenial Bergabung ke Koperasi

Meski generasi milenial familiar dengan fintech seperti Dana, GoPay, Ovo, Link Aja dan sebagainya, tapi masih banyak yang belum paham manfaat dari koperasi. Padahal koperasi adalah pilar perekonomian Indonesia yang terbukti sanggup bertahan di tengah arus globalisasi ekonomi. Apalagi dengan nilai luhur yang terkandung dalam koperasi sendiri. Dengan asas kekeluargaan, gotong royongnya, dan adil merata. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar generasi milenial tertarik bergabung menjadi anggota koperasi atau mendirikan koperasi bersama? Simak tips di bawah ini.

Baca juga: Peran Penting Koperasi Dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Ciri generasi milenial sebagai generasi yang melek teknologi, serba instan, dan lebih memilih investasi dibandingkan menabung perlu dijadikan pertimbangan. Agar mereka sigap dan dengan senang hati bergabung ke koperasi. Apakah dengan menjadi anggota atau bahkan merintis pendirian koperasi di lingkungannya.

Ada 4 tips yang bisa diterapkan ketika berniat mengajak generasi milenial bergabung ke koperasi, antara lain:

1) Perkenalkan Koperasi yang Fun
Tidak semua kalangan mengenal koperasi dan manfaatnya yang besar. Apalagi generasi milenial yang terbiasa hidup dengan kemudahan teknologi dan segala yang instan. Maka, perkenalkan koperasi dengan cara yang fun atau menyenangkan bagi generasi ini. Misalnya dengan informasi lengkap tentang koperasi yang disajikan melalui vlog di YouTube, iklan Facebook dan media sosial lainnya.

2) Tampilkan Citra Modern (Re-Branding)
Tak dipungkiri jika koperasi di mata generasi milenial terkesan berbelit-belit, organisasi yang kaku, kuno, kurang beradaptasi dengan teknologi dan citra negatif lainnya. Namun, jika koperasi mampu melakukan re-branding dengan tampilan citra modern dan adaptif dengan teknologi terbaru, generasi milenial pun akan melirik.

Baca juga: Yuk Kenali Tokoh yang Berjasa di Dunia Koperasi Indonesia

3) Ajak Influencer Kekinian
Generasi milenial cukup mudah dipengaruhi dengan sesuatu yang ‘viral’ dan menarik minat mereka. Koperasi di Indonesia perlu bekerja sama dengan influencer muda memperkenalkan koperasi dan beragam manfaatnya. Para selebgram, youtuber, dan beragam influencer dengan konten positifnya mampu menampilkan koperasi yang populer di mata generasi milenial.

4) Promosikan Event Menarik
Adakan event menarik tentang koperasi secara berkesinambungan. Event yang cocok bagi kalangan milenial adalah kegiatan yang sesuai dengan ciri dan minat atau hobi mereka. Contohnya seperti event lomba penulisan artikel blog, lomba vlog di YouTube, film dokumenter tentang koperasi dari sudut pandang generasi muda, atau acara yang diselipi musik. Kuis di media sosial pun bisa dikemas spesial dengan acara penganugerahan hadiah yang dijadikan event menarik.

Atau barangkali Anda punya ide lain untuk mengajak generasi milenial tertarik dengan koperasi?

Related Posts

Leave A Reply