World Cancer Day

Tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Peringatan ini digagas oleh Union for International Cancer Control (UICC) sejak tahun 2008. Peringatan ini merupakan upaya menyebarluaskan bahaya kanker dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker di dunia, serta untuk menurunkan angka kematian akibat kanker secara signifikan pada 2020.

Menurut data badan kesehatan dunia (WHO) pada 2018, jumlah penderita kanker di seluruh dunia terus meningkat signifikan. Laporan terbaru yang dirilis International Agency for Research on Cancer mengatakan bahwa kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mencatat terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian akibat kanker.

Serangan kanker yang masif ini membuat WHO memprediksi kanker akan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia pada akhir abad ini. Hasil laporan ini didapat setelah peneliti menganalisis data dari 185 negara di dunia dengan melihat lebih dalam pada 36 jenis kanker. Berdasarkan data itu, dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengidap kanker. Data tersebut juga menjelaskan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal karena kanker.

Kanker menyerang pria lebih tinggi 20 persen dibandingkan pada wanita, dan tingkat kematian yang disebabkan kanker juga 50 persen lebih banyak menyerang pria. Pada pria, kanker yang banyak diderita meliputi kanker paru, prostat, kolorektal, hati, dan lambung. Sedangkan perempuan banyak menderita kanker payudara.
Kanker paru, kolorektal, lambung, hati, dan payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita manusia. Laporan dari International Agency for Research on Cancer pun mencatat, kanker paru merupakan kanker paling mematikan dengan 1,8 juta kematian atau 18,4 persen dari total kematian pada 2018, di posisi kedua yaitu kanker kolorektal dengan 881 ribu kematian, kemudian diikuti kanker lambung 783 ribu kematian, kanker hati 782 ribu kematian, dan kanker payudara 627 ribu kematian.

Penyakit kanker sendiri terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan merusak jaringan tubuh yang sehat. Penyebab risiko penyakit kanker beragam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum-minumam beralkohol, berhubungan seks yang tidak sehat, hingga riwayat keturunan dari keluarga.
Meskipun mematikan, penyakit kanker bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara seperti menjalankan pola hidup sehat, pola makan sehat, dan olahraga teratur. Kemudian hal yang tak kalah penting ialah melakukan pemeriksaan dini demi mencegah kanker atau mendeteksi lebih dini penyakit tersebut, karena hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar mampu menyembuhkan kanker. (penulis : Wachyono, Divisi CMC)

Related Posts

Leave A Reply